Minggu, 13 April 2014

KEBIASAAN . . . .


KEBIASAAN merupakan sesuatu yang sering dilakukan oleh seseorang, baik secara rutin maupun tidak, disadari ataupun tidak disadari, disengaja atau tidak disengaja. Kebiasaan tentu dimiliki oleh semua orang, baik itu kebiasaan yang bersifat positif maupun negatif. Atau bahkan kebiasaan yang dapat menguntungkan diri sendiri dan juga orang lain, seperti kebiasaan berbuat baik, kebiasaan berbagi, dan lain sebagainya. Ada juga kebiasaan yang menguntungkan diri sendiri tetapi merugikan orang lain, misalnya kebiasaan berbuat jahil. Kita akan merasa senang sekaligus gembira jika berhasil melakukan suatu tindakan konyol kepada orang lain yang membuatnya kesal. Namun di sisi lain, hal tersebut sangat tidak disukai oleh seseorang yang menjadi objek kejahilan kita.
Dalam ulasan kali ini, saya ingin sedikit bercerita, seperti kebanyakan orang, saya pun memiliki banyak kebiasaan. Salah satu kebiasaan yang paling saya amati adalah kebiasaan saya memainkan handphone dengan maksud untuk sekedar melihat kotak masuk. Hal tersebut merupakan suatu keanehan tersendiri bagi saya. Walaupun tanpa disadari dan tanpa dsengaja saya kerapkali melakukan hal itu, kapanpun dimanapun ketika handphone tersebut dapat saya jangkau, meskipun handphone itu tidak berdering sama sekali, tidak ada tanda-tanda khusus bahwa sebuah pesan telah diterima oleh handphone saya. Entah mengapa hal demikian dapat terjadi. Oleh sebab itu, saya berusaha melakukan sesuatu yang dapat meminimalkan kebiasaan saya tersebut, misalnya dengan cara menjauhkan handphone jika memang saya sedang ada kepentingan yang mengharuskan saya untuk fokus terhadap kepentingan itu, atau bahkan mematikannya apabila saya sedang mengerjakan tugas yang bersifat mendesak.
Itulah cerita tentang salah satu kebiasaan saya. Tentunya semua orang di dunia ini juga memilikinya. Maka dari itu, hal yang paling penting untuk diperhatikan ialah bagaimana cara kita untuk mengontrol kebiasaan tersebut. Kebiasaan yang baik dapat kita kembangkan supaya dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Sebaliknya, kebiasaan buruk dapat kita minimalkan agar kita terhindar dari masalah-masalah yang muncul, baik dari diri sendiri maupun dari orang lain akibat kebiasaan buruk itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar