PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
(Studi Kasus: Produsen Tempe dan
Tahu terkait Kenaikan Harga Kedelai)
PENGANTAR ILMU EKONOMI
Oleh:
1.
Mayang Vini Setya (14010113120025)
2.
Arum Mastuti (14010113120026)
3.
Mariska Bunga C. (14010113120027)
4.
Muhammad Salim (14010113120028)
5.
Yun Putri Sarah (14010113120029)
JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU
POLITIK
UNIVERSITAS DIPONEGORO
2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah S.W.T atas rahmat dan karuniaNya
saya dapat menyelesaikan makalah
ini. Makalah yang berjudul “Pasar Persaingan
Sempurna (Studi Kasus pada Produsen Tempe dan Tahu terkait dengan Kenaikan
Harga Kedelai)” ini membahas mengenai definisi pasar persaingan sempurna, cirri-ciri,
serta kebaikan dan keburukan dari model pasar tersebut. Selain itu juga
dipaparkan mengenai kasus kenaikan harga kedelai di pasar, dan pengaruhnya
terhadap produsen tempe dan tahu.
Kami
sadar
bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, hal itu dikarenakan
keterbatasan kemampuan dan pengetahuan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat
membangun dari para pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kami dan umumnya bagi kita semua.
Akhir kata, kami memoohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini
terdapat kesalahan.
Semarang,
Desember 2013
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pasar Persaingan sempurna merupakan model pasar yang sering digunakan.
Pada pasar ini, permintaan dan penawaran bergerak secara leluasa. Karena dalam
pasar ini terdapat banyak penjual dan pembeli. Sehingga harga yang terbentuk
dikarenakan keinginan produsen dan konsumen. Karena permintaan mencerminkan
konsumen dan Penawaran mencerminkan Produsen.
Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual dan pembeli.
Artinya jumlah penjual dan pembeli sama-sama banyak, maka harga tidak bisa
dipengaruhi oleh satu penjual atau pembeli saja. Sehingga penjual dan pembeli
telah menerima tingkat harga yang terbentuk didalam pasar sebagai suatu dantum
atau fakta yang tidak dapat diubah.
Bagi pembeli, barang atau jasa yang ia beli merupakan bagian kecil dari
keseluruhan jumlah pembelian masyarakat. Bagi penjual pun berlaku hal yang sama
sehingga bila penjual menurunkan harga, ia Akan rugi sendiri, sedangkan bila
menaikan harga. Maka pembeli akan lari penjual lainnya
B.
Rumusan
Masalah
a. Apa
yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna?
b. Apa
saja cirri-ciri dari pasar persaingan sempurna?
c. Bagaimana
kebaikan dan kenurukan pasar persaingan sempurna?
d. Bagaimana
analisis terhadap kasus kenaikan harga kedelai terkait dengan contoh pasar
persaingan sempurna?
C.
Tujuan
a. Mengetahui
perihal mengenai pasar persaingan sempurna
b. Merumuskan
teori pasar persaingan sempurna terhadap kasus kenaikan harga kedelai
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pasar
Persaingan Sempurna
Pasar
persingan sempurna adalah suatu model yang paling tua dan paling sering
digunakan dalam ilmu ekonomi. Model ini telah dianggap sebagai teori dan secara
luas digunakan untuk meramalkan keadaan ekonomi. Model ini telah mulai dibahas
sejak jaman Adam Smith dalam bukunya Wealth
of Nations. Edgeworth, dalam bukunya Mathematical
Physics (1881), merupakan orang pertama yang mencoba menentukan definisi
persaingan sempurna secara sistematis dan jelas. Kemudian konsep persaingan
sempurna ini mendapatkan definisi yang lengkap dalam buku Risk, Uncertainty and Profit tulisan Frank Knight (1921)
Kadang
kala dibedakan antara istilah persaingan “murni” dengan “sempurna”. “Murni”
kurang sempurna ketimbang “sempurna”. Edward
H. Chamberlain (1933) mendefinisikan persaingan
murni sebagai “persaingan yang bersih dari elemen-elemen monopolis.” Syarat
yang diperlukan untuk definisi hanyalah jumlah penjual yang banyak dan
komoditas yang homogen (standardized).
George Stigler (1957)
mengemukakan definisi alternatif dengan menambahkan syarat yaitu asumsi
informasi yang sempurna. Namun demikian, orang bisa saja memperdebatkan bahwa
informasi yang sempurna tentang harga lebih mudah diperoleh dalam pasar
monopoli ketimbang pasar yang terdiri dari banyak penjual.
B.
Cirri-ciri
Pasar Persaingan Sempurna
Ciri-ciri pasar persaingan
sempurna sebagai berikut ini :
1. Perusahaan adalah
pengambil harga.
Yang dimaksud tersebut adalah (price taker) yaitu perusahaan
yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar.
Apapun tindakan perusahaan dalam pasar ia tidak akan menimbulkan perubahan atas
harga yang berlaku di pasar, karena harga barang ditentukan oleh interaksi di
antara keselluruhan produsen dan keseluruhan konsumen.
2. Setiap perusahaan
mudah keluar atau masuk.
Prosuden dapat masuk keluar sesuka perusahaan tersebut tanpa
ada hambatan yang diterima perusahaan tersebut dengan kata lain free entry
3. Menghasilkan barang
serupa.
Barang yang dihasilkan oleh satu produsen dengan yang lainnya
hampir sama, bahkan sulit untuk dibedakan. Barang yang dihasilkan oleh satu
produsen dengan produsen lainnya. Barang seperti itu dinamakan dengan istilah
idential atau homogenous. Karena barang tersebut sangat serupa maka konsumen
sulit untuk membedakan. Barang yang dihasilkan merupakan pengganti sempurna
kepada barang yang dihasilkan oleh produsen-produsen yang lain. Akibatnya tidak
ada gunanya menggunakan strategi bukan harga atau nonprice competition yaitu
persaingan dengan menggunakan iklan atau promisi ini merupakan cara yang tidak
efisien.
4. Terdapat banyak
perusahaan di Pasar
Karena banyak terdapat perusahaan maka perusahaan tidak dapat
menentukan harga atau mengubah harga di dalam pasar. Sifat ini mempunyai dua
aspek yaitu jumlah perusahaan sangat banyak dan masing-masing perusahaan adalah
relative kecil kalau dibandingkan dengan keseluruhan perusahaan yang ada
didalam pasar. Akibatnya yaitu sangat sedikti jumlah produksi dalam industri
tersebut.
5. Pembeli mempunyai
pengetahuan sempurna mengenai pasar.
Konsumen mengetahui pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
sempurna karena mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan atas
harga tersebut. Akibatnya produsen tidak dapat menjual barang dagangannya
kepada konsumen dengan harga tinggi.
C.
Kebaikan
dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna
Didalam pasar
persaingan sempurna terdapat beberapa kebaikan dan keburukannya yaitu sebagai
berikut. Namun sebelum saya menerangkan kebaikan pasar persaingan sempurna,
pasar persaingan sempurna harus dilihat dari sudut efisiensi terlebih dahulu,
terdapat dua konsep efisiensi yaitu : efisiensi produktif dan efisiensi
elokatif.
a. Efisiensi produktif
Untuk mencapai efisiensi produktif harus dipenuhi dua syarat. Yang
pertama, untuk setiap tingkat produksi, biaya yang dikeluarkan adalah yang
paling minimum. Untuk menghasilkan suatu tingkat produksi berbagai corak
gabungan faktor-faktor produksi dapat digunakan. Gabungan yang paling efisien
adalah gabungan yang mengeluarkan biaya yang paling sedikit. Syarat ini harus
dipenuhi pada setiap tingkat produksi. Syarat yang kedua, industri secara
keseluruhan harus memproduksi barang pada biaya rata-rata yang paling rendah,
yaitu pada waktu kurva AC mencapai titik yang paling rendah. Apabila suatu
industri mencapai keadaan tersebut maka tingkat produksinya dikatakan mencapai
tingkat efisiensi produksi yang optimal, dan biaya produksi yang paling
minimal.
b. Efisiensi Alokatif
Untuk melihat apakah efisiesi alokatif dicapai atau tidak, perlulah
dilihat apakah alokasi sumber-sumber daya keberbagi kegiatan ekonomi/produksi
telah dicapai tingkat yang maksimum atau belum. Alokasi sumber-sumber daya
mencapai efisiensi yang maksimum apabila dipenuhi syarat berikut : harga setiap
barang sama dengan biaya marjinal untuk memproduksi barang tersebut. Berarti
untuk setiap kegiatan ekonomi, produksi harus terus dilakukan sehingga tercapai
keadaan dimana harga=biaya marjinal. Dengan cara ini produksi berbagai macam
barang dalam perekonomian akan memaksimumkan kesejahteraan masyarakat.
Efisiensi dalam persaingan
sempurna
Didalam persaingan sempurna, kedua jenis efisiensi ynag dijelaskan diatas
akan selalu wujud. Telah dijelaskan bahwa didalam jangka panjang perusahaan
dalam persaingan sempurna akan mendapat untung normal, dan untung normal ini
akan dicapai apabila biaya produksi adalah yang paling minimum. Dengan
demikian, sesuai dengan arti efisiensi produktif yang telah dijelaskan dalam
jangka panjang efisiensi produktif selalu dicapai oleh perushaan dalam
persaingan sempurna.
Telah juga dijelaskan bahwa dalam persaingan sempurna harga = hasil
penjualan marjinal. Dan didalam memaksimumkan keuntungan syaratnya adalah hasil
penjualan marjinal = biaya marjinal. Dengan demikian didalam jangka panjang
keadaan ini berlaku: harga = hasil penjualan marjinal = biaya marjinal.
Kesamaan ini membuktikan bahwa pasar persaingan sempurna juga mencapai
efisiensi alokatif.
Dari kenyataan bahwa efisiensi produktif dan efisiensi alokatif dicapai
didalam pasar persaingan sempurna.
Kebebasan bertindak dan
memilih
Persaingan sempurna menghindari wujudnya konsentrasi kekuasaan di
segolonan kecil masyarakat. Pada umumnya orang berkeyakinan bahwa konsentrasi
semacam itu akan membatasi kebebasan seseorang dalam melakukan kegiatannya dan
memilih pekerjaan yang disukainya. Juga kebebasaannya untuk memilih barang yang
dikonsumsikannya menjadi lebih terbatas.
Di dalam pasar yang bebas tidak seorang pun mempunyai kekuasaan dalam
menentukan harga, jumlah produksi dan jenis barang yang diproduksikan. Begitu
pula dalam menentukan bagaimana faktor-faktor produksi digunakan dalam
masyarakat, efisiensilah yang menjadi factor yang menentukan pengalokasinya.
Tidak seorang pun mempunyai kekuasan untuk menentukan corak pengalokasiannya.
Selanjutnya dengan adanya kebebasaan untuk memproduksikan berbagai jenis barang
maka masyarakat dapat mempunyai pilihan yang lebih banyak terhadap
barang-barang dan jasa-jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhannya. Dan
masyarakat mempunyai kebebasan yang penuh keatas corak pilihan yang akan
dibuatnya dalam menggunakan factor-faktor produksi yang mereka miliki.
Disamping memiliki kebaikan-kebaikan, pasar persaingan sempurna juga
memiliki keburukan-keburukan antara lain:
1. Persaingan sempurna tidak
mendorong inovasi
Dalam pasar persaingan sempurna teknologi dapat dicontoh
dengan mudah oleh perusahaan lain. Sebagai akibatnya suatu perusahaan tidak
dapat meemperoleh keuntungan yang kekal dari mengembangkan teknologi dan teknik
memproduksi yang baru tersebut. Oleh sebab itulah keuntungan dalam jangka
panjang hanyalah berupa keuntungan normal, Karena walaupun pada mulanya suatu
perusahaan dapat menaikkan efisiensi dan menurunkan biaya,
perusahaan-perusahaan lain dalam waktu singkat juga dapat berbuat demikian.
Ketidakkekalan keuntungan dari mengembangkan teknologi ini menyebabkan
perusahaan-perusahaan tidak terdorong untuk melakukan perkembangan teknologi
dan inovasi.
Disamping oleh alasan yang disebutkan diatas, segolongan ahli
ekonomi juga berpendapat kemajuan teknologi adalah terbatas dipasar persaingan
sempurna karena perusahaan-perusahan yang kecil ukurannya tidak akan mampu
untuk membuat penyelidikan untuk mengembangkan teknologi yang lebih baik.
Penyelidikan seperti itu sering kali sangat mahal biayanya dan tidak dapat
dipikul oleh perusahaan yang kecil ukurannya.
2. Persaingan sempurna
adakalanya menimbulkan biaya sosial
Di dalam menilai efisiensi perusahaan yang diperhatikan
adalah cara perusahaan itu menggunakan sumber-sumber daya. Ditinjau dari sudut
pandangnan perusahaan, penggunaannya mungkimn sangat efisien. Akan tetapi,
ditinjau dari sudut kepentingan masyarakat, adakalanya merugikan.
3. Membatasi pilihan konsumen
Karena barang yang dihasilkan perusahaan-perusahan adalah 100
persen sama, konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk menentukan barang
yang akan dikonsumsinya.
4. Biaya
dalam pasar persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
Didalam mengatakan biaya produksi dalam pasar persaingan sempurna adalah
paling minimum,tersirat (yang tidak dinyatakan)pemisalan bahwa biaya produksi
tidak berbeda. Pemisalan ini tidak selalu benar. Perusahaan-perusahaan dalam
bentuk pasar lainnya mungkin dapat mengurangi biaya produksi sebagai akibat
menikmati skala ekonomi,perkembangan teknologi dan inovasi.
5.
Distribusi pendapatan tidak selalu rata
Suatu corak distribusi pendapatan tertentu menimbulkan suatu pola
permintaan tertentu dalam masyarakat. Pola permintaan tersebut akan menentukan
bentuk pengalokasian sumber-sumber daya. Ini berarti distribusi pendapatan
menentukan bagaimana bentuk dari penggunaan sumber-sumber daya yang efisien.
Kalau distribusi pendapatan tidak merata maka penggunaan sumber-sumber daya
(yang dialokasikan secara efisien) akan lebih banyak digunakan untuk
kepentingan golongan kaya.
D.
Analisis
Kasus Kenaikan Harga Kedelai terkait dengan teori Pasar Persaingan Sempurna
Produsen tahu tempe dan kenaikan harga
kedelai
Pusat Koperasi
Perajin Tahu Tempe Indonesia (Puskopti) Jateng mendesak pemerintah segera
merealisasikan pelimpahan kewenangan kepada Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk
mengendalikan harga empat komoditas. Beras, gula, jagung, dan kedelai.
Realisasi pelimpahan itu sangat penting guna mengendalikan harga kedelai, salah
satu komoditas yang saat ini memicu isu hangat, agar tidak terus melonjak
tinggi. "Kabarnya saat ini, keputusannya masih menjadi evaluasi tim yang
dibentuk pemerintah. Kami berharap agar secepatnya direalisasikan," ujar
Sekretaris Puskopti Jateng Rifai, Selasa (4/9). Dikatakan, prediksi Bank
Investasi Goldman Sachs tanggal 10 Aguistus lalu, harga komoditas kedelai masih
akan melambung tinggi. Diprediksi harga kedelai akan mencapai angka Rp 8.700 di
tingkat pengecer, dan Rp 8.400 di tingkat distributor. Harga normal di kisaran
Rp 5.000 - Rp 6.000.Ketua Puskopti Jateng Sutrisno Supriyantoro mengatakan,
melambungnya harga kedelai akan menjadi salah satu isu penting yang akan
dibahas dalam rapat kerja Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia
(Gakoptindo) tahun ini.
Dari contoh kasus di atas, produsen tahu tempe termasuk
dalam ciri-ciri pasar persaingan sempurna yaitu terdiri dari banyak penjual dan banyak pembeli, bahkan penjual tergabung dalam Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu
Indonesia (Gakoptindo), setiap perusahaan mudah keluar atau masuk pasar. Contohnya pedagang dapat memutuskan untuk berhenti berjualan sampai
kondisi pasar benar-benar stabil. 2. Menghasilkan barang serupa,karena tidak
ada perbedaan yang terlalu nampak.3. Terdapat banyak perusahaan di
pasar dalam hal ini
produsen tahu tempe dan penjual kedelai .4. Pembeli mempunyai pengetahuan
yang sempurna mengenai pasar.
Dalam kasus ini pembeli sudah mengetahui terjadinya kenaikan harga kedelai
melalui informasi dari media dan meningkatnya harga tahu dan tempe. Sehingga,
mereka cenderung mengurangi konsumsi tahu dan tempe dan kurangnya permintaan
pasar. Menyebabkan keuntungan yang diperoleh oleh penjual menjadi berkurang dan
pendapatan mereka relatif sama.
BAB
III
PENUTUP
A.
Simpulan
Simpulan
yang dapat diambil dari karya tulis ini adalah:
- Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
- Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna adalah
a.
Perusahaan adalah pengambil harga
b.
Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk
c.
Menghasilkan barang yang serupa
d.
Terdapat banyak perusahaan di pasar
e.
Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna
- Kebaikan dan keburukan dari pasar persaingan sempurna
Kebaikannya
:
a.
Persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi
b.
Kebebasan bertindak dan memilih
Keburukannya
:
a.
Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
b.
Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya social
c.
Membatasi pilihan konsumen
d.
Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
e.
Distribusi pendapatn tidak selalu merata
B.
Saran
Dalam praktik pasar
persaingan sempurna, produsen harus pintar-pintar memilih letak yang strategis
dan para pesaing harus bisa bersaing dengan para pesaing lainnya. Para pesaing
pasar sempurna harus siap dengan adanya biaya produksi yang lebih tnggi
dibndingkan dengan pasar sempurna dan konsumen juga harus bisa lebih cermat
untuk memilih barang yang dibutuhkan dan diinginkan.
Slots of Las Vegas - Mapyro
BalasHapusFind Slot of Las Vegas (Stateline) with Mapyro, the premier 대전광역 출장샵 travel 충청남도 출장안마 destination for driving 광주 출장안마 directions, business hours and analysis. Get 통영 출장샵 directions, 밀양 출장안마 reviews and information for
Read More Here sex toys,horse dildo,Rabbit Vibrators,sex toys,penis pumps,couples sexy toys,vibrating dildos,penis rings,dual stimulator find
BalasHapus